Senin, 24 Oktober 2011

Filsafat Pendidikan Islam -SAP

SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Kode / Nama Mata Kuliah : PAI-233-2-2 / Filsafat Pendidikan Islam Revisi ke : 2
Satuan Kredit Semester : 2 SKS Tanggal revisi : 18 Agustus 2011
Jumlah Jam kuliah dalam seminggu : 1 jam (100 menit) Tanggal mulai berlaku : 19 September 2011
Jumlah Jam kegiatan laboratorium : 0 Jam Penyusun : Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
Prof. Dr. Maragustam Siregar, M.A.
Suwadi, M.Ag.
Suyatno, M.Pd.I.
Penanggungjawab Keilmuan : Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag.

Ranah Integrasi – Interkoneksi :
1. Mata kuliah pendukung integrasi-interkoneksi
a. Filsafat
b. Filsafat Pendidikan
c. Filsafat Ilmu
d. Ilmu Pendidikan
e. Ilmu Pendidikan Islam
2. Ranah Integrasi-Interkoneksi:
a. Filosofis: pada ranah filosofis, pemikiran dasar adanya mata kuliah ini pada jurusan PAI adalah terletak pada pentingnya para mahasiswa dapat mengambil pelajaran dari pemikiran-pemikiran filosofis para pemikir pendidikan muslim untuk dijadikan landasan filosofis dari pendidikan Islam kontemporer.
b. Materi: pada ranah materi perkuliahan FPI terfokus pada pemikiran filosofis dari pemikir pendidikan Islam, seperti al-Ghazali, Ihwan ash-Shafa, Ibnu Khaldun, Muhammad Iqbal, dan Fazlur Rahman.
c. Metodologi: pada ranah metodologi mata kuliah FPI ini terkait dengan pemikiran filosofis dari para filosof pendidikan umum dengan para pemikir pendidikan Islam.
d. Strategi: pada ranah strategi perkuliahan dilakukan dengan menggali berbagai persoalan yang terkait dengan pemikiran pendidikan Islam, baik dari aspek idealitas yang terkandung dalam buku ataupun realitas yang menyejarah, sehingga pemiikiran tersebut dapat memberikan alternatif pemecahan terhadap berbagai persoalan realitas empirik-historis pendidikan Islam.
3. Proses integrasi-interkoneksi
Dalam proses pembelajaran mata kulah filsafat pendidikan Islam proses integrasi-interkoneksi tampak pada analisis dan evaluasi serta hasil belajar. Demikian pula dalam aspek epistemologis dan metodologis serta bagaimana validitas keilmuan yang diperoleh dari disiplin masing-masing. Bidang strategi masing-masing dari disiplin tersebut memiliki kesamaan dalam pengertian langkah-langkah yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Secara materiil memang berbeda, akan tetapi memiliki akar yang sama, yaitu pendidikan secara umum.

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini memberikan gambaran secara komprehensip tentang pendidikan dalam Islam dilihat dari perspektif filsafat. Mahasiswa diminta mengelaborasi lebih jauh tentang pemikiran pendidikan Islam terhadap komponen pendidikan Islam dengan menggunakan pendekatan filosofis melalui berbagai sumber bacaan sehingga mahasiswa mampu merefleksikan dalam tugas profesinya.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu memahami dan mengambil pelajaran dari pemikiran filosofis pendidikan Islam, serta mampu menjadikannya sebagai dasar filosofis dari pendidikan Islam kontemporer.

Pertemuan ke- Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Strategi Pembelajaran Alokasi Waktu Sumber Belajar Evaluasi
1 & 2 Mahasiswa mampu memahami dan mendalami ruang lingkup filsafat pendidikan Islam Mahasiswa dapat:
a. Menjelaskan pengertian FPI
b. Mendeskripsikan ruang lingkup dalam kajian FPI
c. Menjelaskan sistem FPI dari segi ontologi, epistemologi, dan aksiologi. a. Ruang lingkup FPI
b. Diskripsi dan ruang lingkup dalam kajian FPI
c. sistem FPI dari segi ontologi, epistemologi dan aksiologi Kontrak belajar
Ceramah dan diskusi interaktif 200 menit o Abu Ali Khalil al-‘Ainain, Falsafaf al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim, (Mesir: Dar al-Fikr, 1980)
o Arifin Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994)
o Al-Syaibani, Oemar Muhammad alToumy, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)
o Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2002.
o Pemahaman konsep
o Sikap
3 & 4 Mahasiswa mampu memahani unsur-unsur esensial dari FPI Mahasiswa mampu:
a. Menjelaskan perspektif al-Qur’an tentang penciptaan manusia, pengetahuan dan alam
b. Mendiskusikan proses penciptaan manusia, pengetahuan dan alam dalam pandangan Islam
c. Mengkaitkan penciptaan manusia, alam dan pengetahuan a. Manusia dalam pandangan Islam
b. Pengetahuan dalam Islam
c. Alam dalam Islam, dan kaitannya dengan pendidikan Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 200 menit o Wahyudi Jarot, dkk. (ed), Menyatukan Kembali Ilmu-ilmu Agama dan Umum (Yogyakarta: IAIN Suka Press, 2003)
o Al-Syaibani, Oemar Muhammad alToumy, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)
o Abu Ali Khalil al-‘ainain, Falsafaf al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim, (Mesir: Dar al-Fikr, 1980)
o Muhammad Fadhil al-Jamaly, Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1996. o Pemahaman konsep
o Sikap
5 Mahasiswa mampu memahami unsur-unsur esensial pengembangan manusia Mahasiwa dapat:
a. Menjelaskan perspektif al-Qur’an tentang pengembangan manusia
b. Mendiskusikan proses pengembangan manusia dalam pandangan Islam
c. Menyimpulkan pembahasan tentang pengembangan manusia. Pengembangan manusia menurut pemikiran Islam Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 100 menit o Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Yogyakarta: Kota Kembang, 2006)
o Manusia dalam al-Qur’an o Pemahaman konsep
o Sikap
6 & 7 Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor pendidikan Islam Mahasiswa mampu:
a. Menjelaskan perspektif al-Qur’an tentang tujuan, kurikulum pendidikan Islam, pendidik, peserta didik, dan lingkungan.
b. Sharing ideas tentang pendidikan dalam Islam
c. Berdiskusi tentang komponen pendidikan Islam 1. Tujuan, pendidik, peserta didik, dan lingkungan dalam pendidikan Islam
2. Problematika komponen pendidikan Islam
Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 200 menit o Abu Ali Khalil al-‘ainain, Falsafaf al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim, (Mesir: Dar al-Fikr, 1980)
o Wahyudi Jarot, dkk. (ed), Menyatukan Kembali Ilmu-ilmu Agama dan Umum (Yogyakarta: IAIN Suka Press, 2003)
o Al-Syaibani, Oemar Muhammad alToumy, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)
o Suwadi, “Tauhididc Approach: Sebuah Pendekatan dalam Filsafat Pendidikan Islam” dalam Abdurrahman Assegaf, Pendidikan Islam di Indonesia (Yogyakarta: suka-press, 2007).
o Pemahaman konsep
o Sikap
8 &9 Mahasiswa mampu memahami dan mengambil pelajaran dari berbagai pemikir muslim tentang pendidikan Islam Mahasiswa dapat:
a. Membaca literatur tentang pendidikan menurut al-Ghazaly, Ihwan Ash-Shafa, Ibnu Khaldun. Moh. Iqbal, dan Fazlur Rahman
b. Sharing ideas tentang tokoh-tokoh pendidikan tersebut. 1. Pemikiran al-Ghazaly tentang pendidikan Islam
2. Pemikiran Ibn Khaldun tentang pendidikan Islam
3. Pemikiran Ihwan ash-Shofa tentang pendidikan Islam
4. Pemikiran Moh. Iqbal tentang pendidikan Islam
5. Pemikiran Fazlur Rahman tentang pendidikan Islam Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 200 menit o Ridha, Muhammad Jawadi, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Ilsam, Terj. Mahmud Arif, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
o Athiyah al-Abrasy, at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Darul Fikri, Kairo.
o Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
o Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Yogyakarta: Kota Kembang, 2006)
o Muhammad Fadhil al-Jamaly, Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
o Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Melenium Baru, Logos: 1999
o Rusman Thoyyib dan Darmu’in (penyunting), Pemikiran Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, 1999.

o Pemahaman konsep
o Sikap
10 Mahasiswa dapat:
a. Menjelaskan konsep Al-Ghazali tentang tujuan, pendidik, peserta didik, hadiah dan hukuman dalam pendidikan Islam
b. Mengambil pelajaran dari konsep Al-Ghazali tentang tentang tujuan, pendidik, peserta didik, hadiah dan hukuman Pemikiran al-Ghazali tentang tujuan, pendidik, peserta dididk, hadiah dan hukuman dalam pendidikan Islam
Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 100
menit o Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1990
o Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Yogyakarta: Kota Kembang, 2006)
o Muhammad Fadhil al-Jamaly, Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
o Rusman Thoyyib dan Darmu’in (penyunting), Pemikiran Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, 1999.
o Ridha Muhammad Jawadi, al-Fikr al-Tarbiyah al-Islami, Dar al-fIkri al-Araby, 1980.
o Pemahaman konsep
o Sikap
11 Mahasiswa dapat menguraikan konsep Ikhwan Ash-Shofa tentang pendidikan, peserta didik, dan pendidik dalam pendidikan Islam konsep pendidikan, peserta didik, dan pendidik dalam pendidikan Islam menurut Ikhwan Ash-Shofa Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 100 menit o Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1990
o Muhammad Fadhil al-Jamaly, Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
o Athiyah al-Abrasy, at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Darul Fikri, Kairo.
o Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2002.
o Ridha, Muhammad Jawadi, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Ilsam, Terj. Mahmud Arif, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
o Rusman Thoyyib dan Darmu’in (penyunting), Pemikiran Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, 1999.
o Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Yogyakarta: Kota Kembang, 2006) o Pemahaman konsep
o Sikap
12 Mahasiswa Dapat:
Menguraikan Konsep Ibn Khaldun tentang Tujuan pendidikan dan Peserta didik dalam pendidikan Islam
konsep tujuan pendidikan dan peserta didik dalam pendidikan Islam menurut Ibnu Khaldun Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 100
menit o Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1990
o Muhammad Fadhil al-Jamaly, Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
o Athiyah al-Abrasy, at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Darul Fikri, Kairo.
o Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2002.
o Ridha, Muhammad Jawadi, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Ilsam, Terj. Mahmud Arif, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
o Rusman Thoyyib dan Darmu’in (penyunting), Pemikiran Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, 1999
o Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Yogyakarta: Kota Kembang, 2006)
o Pemahaman konsep
o Sikap
13 Mahasiswa dapat menguraikan konsep pengembangan manusia menurut Moh. Iqbal tentang pengembangan manusia Konsep pengembangan manusia menurut Moh. Iqbal Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 100 menit o Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1990
o Muhammad Fadhil al-Jamaly, Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
o Athiyah al-Abrasy, at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Darul Fikri, Kairo.
o Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2002.
o Ridha, Muhammad Jawadi, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Ilsam, Terj. Mahmud Arif, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
o Rusman Thoyyib dan Darmu’in (penyunting), Pemikiran Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, 1999
o Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Yogyakarta: Kota Kembang, 2006)
o Pemahaman konsep
o Sikap
14 Mahasiswa dapat menguraikan konsep pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman Konsep pendidikan Islam Fazlur Rahman Interaktive lecturing
Tugas
Presentasi 100 menit o Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1990
o Muhammad Fadhil al-Jamaly, Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
o Athiyah al-Abrasy, at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Darul Fikri, Kairo.
o Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2002.
o Ridha, Muhammad Jawadi, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Ilsam, Terj. Mahmud Arif, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.
o Rusman Thoyyib dan Darmu’in (penyunting), Pemikiran Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, 1999
o Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan (Yogyakarta: Kota Kembang, 2006)
o Pemahaman konsep
o Sikap






Komposisi Penilaian:
Aspek Penilaian Prosentase
Ujian Akhir Semester 30 %
Ujian Tengah semester 30 %
Tugas Mandiri 20 %
Keaktifan mahasiswa 20 %
Total 100 %




Disusun oleh: Diperiksa oleh: Disahkan oleh
Dosen Pengampu,




Prof. Dr. H. Sutrisno, M Ag.
Suyatno, M.Pd. I. Penanggung Jawab keilmuan




Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag. Ketua Jurusan/Program Studi




Dr. Muqowim, M.Ag.
Dekan,




Dr. H. Hamruni, M. S. I

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls