Selasa, 03 Januari 2012

Pelangi Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah teori dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber untuk belajar. Dari pengertian itu, dapat disimpulkan bahwa teknologi pendidikan mengandung empat komponen utama yaitu:

Ø Teori dan praktik

Ø Desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian.

Ø Proses dan sumber

Ø Untuk keperluan belajar

Dengan demikian, teknologi pendidikan yang bersinergi dengan berbagai bidang, akan tampak dalam tulisatulisan yang terangkum “Pelangi Teknologi Pendidikan”. Tulisan-tulisan tersebut juga dapat dipandang sebagai praktek teknologi pendidikan di berbagai bidang yang terkait dengan masalah belajar.

Pengembangan model pembelajaran sentral untuk anak usia dini dicoba, dikaji dan dikembangkan melalui tulisan “Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi melalui penerapan model pembelajaran sentra”. Intervensi perlakuan terhadap anak usia dini dipandang penting, sebagai upaya untuk memberikan bekal dasar bagi kepentingan kehidupan anak di masa mendatang dan mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pada usia nol sampai dengan delapan tahun merupakan rentang usia kritis dan sekaligus strategis untuk mengembangkan kecerdasan anak, yang menurut Gardner ternyata bukanlah merupakan kecerdasan tunggal, namun multi kecerdasan (multiple intelligences).

Belajar dengan cara menyenangkan bagi siswa, kurang mendapat perhatian para pendidik. Sebagian besar guru mengajar dengan cara ceramah menjejali anak dengan materi pelajaran untuk mengejar target kurikulum. Kesempatan bermain juga semakin kurang, sehingga berbagai kemampuan dasar anak untuk menghadapi kehidupan masa kini dan mendatang, tidak berkembang.

Oleh : masri’ah

Kutipan dalam buku “Mozaik Teknologi Pendidikan” hal 301-304

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls